Login Form



Home Beranda Informasi dan Artikel Informasi Rumah Sakit Mata Cicendo
Rumah Sakit Mata Cicendo

Rumah Sakit Mata Cicendo, terletak di Jl. Cicendo No. 4 Bandung. Diresmikan oleh Gubernur Jenderal J.B. Van Heutsz pada tanggal 3 Januari 1909. Pada awalnya bernama koningen Wilhelmina Gasthuis voor Ooglijders dengan direktur pertamanya dr. CHA Westhoff.

Sempat menjadi Rumah Sakit Umum pada jaman pendudukan Jepang tahun 1942-1945, menggantikan posisi Rumah Sakit Rancabadak yang menjadi Rumah Sakit Militer. Kemudian berganti nama sesuai dengan nama jalan dimana rumah sakit ini berapa menjadi Rumah Sakit Mata Tjitjendo pada tahun 1980.

Rumah Sakit Mata Cicendo merupakan satu-satunya rumah sakit mata milik pemerintah republik Indonesia yang berada dibawah Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Kondisi Fisik Rumah Sakit Mata Cicendo
Rumah Sakit Mata Cicendo memiliki luas lahan 11.400 m2 dengan luas bangunan 13.832,9 m2, dengan alokasi luas lahan untuk instalasi rawat jalan 2,176,25 m2, instalasi rawat inap 2.249 m2, instalasi bedah 990 m2, instalasi penunjang 1.380 m2, perkantoran 1.516 m2, perkuliahan dan fasilitas riset 426 m2.

Situasi Geografis
Dengan lokasinya yang terletak di pusat kota Bandung, di sebelah Gedung Pakuan (kediaman resmi Gubernur Jawa Barat), dekat dengan Stasiun Kereta Api Bandung, dekat dengan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung (RSHS), Rumah Sakit Mata Cicendo dinilai sangat strategis bagi masyarakat kota Bandung khususnya dan masyarakat Jawa Barat umumnya. Beberapa pelayanan yang dikembangkan sebagai pelayanan unggulan.

Katarak dan Bedah Refraktif
Kegiatan pelayanan:

  • Bedah katarak: Fakoemulsifikasi, Small Incision Cataract Surgery(SICS)
  • Bedah refraktif: LASIK, LIO Fakik, Keratoplasti, Vitreo Retina

Kegiatan pelayanan:

  • Pelayanan vitreo retina paripurna
  • Pelayanan rujukan kasus vitreo retina nasional


Oftalmologi Pediatrik
Kegiatan pelayanan:

  • Kasus rujukan kebutaan anak dari Jawa Barat
  • Program Avoidable Children Blindness yang merupakan pilot project WHO/LCIF selama tahun 2004 – 2008.
  • Studi penyebab kebutaan pada anak di daerah Jawa Barat.


Oftalmologi Komunitas
Kegiatan pelayanan:

  • Mengembangkan pelayanan berbasis komunitas
  • Menjalin kemitraan dengan organisasi non Pemerintah
  • Memberikan wawasan kesehatan mata komunitas bagi calon dokter spesialis mata
  • Kegiatan dalam gedung (hospital based)
  • Kegiatan luar gedung (outreach services)
  • Melatih kader, guru dan masyarakat dalam membantu melakukan skrining kelainan mata


Paviliun
Paviliun didirikan untuk menyediakan pelayanan bagi pasien yang mempunyai waktu terbatas untuk berobat ke rumah sakit dan menyediakan fasilitas yang membutuhkan biaya cukup besar sehingga hanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dari kelas menengah ke atas.

Kegiatan Paviliun dalam rangka menunjang peningkatan kualitas tenaga kesehatan adalah menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi dokter dan perawat. Pelatihan yang telah dilakukan, antara lain, Basic Ophthalmic Nursing Course l and ll, Refraction Examination Course for Nurses l and ll, Seminar Opticianry Update, Seminar Katarak dan Bedah Refraktif, Seminar Katarak dan Vitreo Retina, dan Short Course Phacoemulsification.

(ayu/ Cicendo Eye Hospital Online)

 

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.