+62 22 4231280  +62811 2001 005

Bijak Menggunakan Lensa Kontak (Bagian I)

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Sumber : disarikan dari Majalah Mata PMN RS Mata Cicendo Edisi 13)

Kenali Jenis Lensa Kontak

Banyak alasan yang membuat seseorang menngunakan lensa kontak. Pada beberapa masalah penglihatan, lensa kontak memberikan visi atau hasil penglihatan yang lebih baik daripada kacamata. Orang yang aktivitasnya membutuhkan bidang pandang yang luas cocok menggunakan lensa kontak, karena sisi penglihatannya tidak terhalang oleh bingkai kacamata.

 

Sebagian memilih menggunakan lensa kontak karena alasan penampilan atau fashion. Mereka menggunakan lensa kontak berwarna agar mata mereka terlihat menarik atau menggunakan lensa kontak yang bening karena mereka merasa terganggu apabila menggunakan kacamata.

 

Beragam jenis dan merek lensa kontak yang ditawarkan saat ini terkadang membuat kita sulit menentukan lensa kontak apa yang tepat digunakan. Terkadang malah terjebak oleh lensa kontak dengan merek ternama saja padahal belum tentu sesuai dengan kebutuhan.

Sebaiknya sesuaikan tipe lensa kontak yang akan digunakan dengan kebutuhan penglihatan, gaya hidup, dan kondisi mata kita. Salah satu faktor yang menentukan kualitas lensa kontak yang baik adalah material yang digunakan, dengan mengetahui jenis-jenis lensa kontak.

Pertama, Jenis lensa lunak atau Soft Contact Lens (SCL) berbahan HEMA (Hydroxyethyl methacrylate) yang bisa digunakan untuk jangka pendek, sehari-hari, ataupun jangka panjang. Terbuat dari material lembut dan fleksibel dan menyerap air serta sesuai dengan bentuk mata. Tampilan fisik yang lembut dan lentur membuat lensa kontak ini cukup nyaman digunakan. Karena sifatnya yang mudah menyerap air, kondisi ini membuat softlens terasa kering, khususnya pada mereka yang tidak memiliki cukup air mata atau berada pada kondisi ruangan ber AC.

Kedua, jenis lensa kontak keras atau Rigid Gas Permeable (RGP) yang biasanya digunakan hanya untuk penggunaan jangka panjang. Terbuat dari rigid gas-permeable plastic yang hanya mengcover bagian kornea. RGP biasa disebut juga semi-hardlens, karena memang fisiknya yang keras dan kaku sehingga tingkat kenyamanannya relative rendah. Meskipun demikian, RGP diklaim sebagai lensa kontak yang memiliki daya tembus oksigen paling tinggi sehingga baik untuk kesehatan kornea. Banyak dokter mata yang menyarankan jenis lensa ini untuk beberapa kasus kelainan mata seperti Myop tinggi dan Astigmat kornea tinggi.

Ketiga, jenis lensa kontak Silicone Hydrogel atau biasa disebut perpaduan dari keunggulan RGP dengan kelebihan pada HEMA. Lensa kontak ini memiliki kelenturab yang hamper sama dengan softlens sehingga nyaman digunakan. Karena bahannya yang unik, walaupun kadar airnya tergolong rendah tapi daya tembus oksigennya lima kali lebih banyak dari softlens HEMA sehingga bisa digunakan sampai 12 jam per hari. Sangat cocok bagi mereka yang perlu menggunakan lensa kontak dalam waktu lama.

(…bersambung).

 

Visi dan Misi

Visi dan Misi Tahun 2020 - Tahun 2024

Visi

To Be Excellence Eye Care 

Misi

Eye Care for Everyone Seeing Better World 

• Eye care:
Memberikan pelayanan kesehatan mata
• For everyone:
Pelayanan yang tidak diskriminatif, kepada seluruh warga masyarakat
Seeing Better world:
Melihat dunia dengan lebih baik

Visitor

Today730
Yesterday2200
This week6896
This month42522
Total1236269

Who Is Online

30
Online

Instalasi SIMRS 2022 © Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. All Rights Reserved.